JRTR site | Berbagi Tanpa Batas, Blogger Tips, Widget, Template

Berbagi informasi online, komputer, tutorial blogger, template untuk blogger, tips trik blogger.

Selasa, 12 Februari 2013

Cara Mudah Meningkatkan Keamanan akun Facebook Anda Terbaru

! Bakalan-Tlogorejo-City | Seberapa penting Facebook bagi ente? Saya akan kasih sedikit Tips Facebook yang mungkin berguna buat ente-ente. Gak sedikit orang yang menggunakan Facebook tapi gak banyak juga yang tau tentang hal-hal yang sangat sensitif pada facebook.

Facebook sangat mementingkan Keamanan tentang privasi Penggunanya, inilah yang membuat Facebook sangat sensitif.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN AKUN FACEBOOK ANDA

1. Password

Buat Password Facebook Ente seunik mungkin, Gak perlu panjang, yang penting mudah ente ingat dan tidak mudah ditebak orang. Dan pastikan Ganti Password Facebook ente secara berkala, misalkan ganti tiap sebulan sekali.

2. Email

Ente kaga lupa sama email dan password yang ente pake buat bikin akun Facebook. Dan yang penting akun email ente masih valid (masih dapat diakses). Beri Email alternatif bila perlu, tapi yang penting kaga lupa aja sama password Emailnya. 

Bila dahulu bukan ente yang membuat Emailnya, silakan buat email baru dan ganti Email ente diPengaturan Email Facebook.

Hayo.. Pasti ente pada lupa? Ganti dulu sana pake email yang baru..

3. Pertanyaan Keamanan

Apakah ente sudah mengisi Pertanyaan Keamanan Facebook? Kalo belum, isi dulu di halamanPertanyaan Keamanan Facebook disini

Harap di ingat, bahwa pertanyaan keamanan facebook tidak ada yang boleh tau jawabannya kecuali ente sendiri. Dan ente sendiri jangan sampe lupa karena cuma dapat dibuat sekali. 

4. Nomer Telepon Terdaftar

Verifikasi akun facebook ente dengan nomer hp ente yang Aktif, dan segera update bila nomer hp ente ganti. Ini merupakan alternatif bagi ente-ente yang kurang peduli sama poin nomer 2 diatas. Walaupun alternatif, tapi merupakan bagian penting dari keamanan Facebook ente. 

Silakan Verifikasi nomer ponsel anda di Halaman Facebook Sms.

Kayaknya 4 poin diatas aja yang sangat Fatal, atau saya yang lupa ya? Ya sementara itu.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SETELAN KEAMANAN FACEBOOK

1. Jelajah Aman

Hal yang perlu ente perhatikan, Apakah ente suka ganti-ganti Perangkat? misalkan Sering Facebokan di warnet, Ganti-ganti Browser, Sering menggunakan Proxy atau Ganti-ganti Operator seluler untuk mengakses Facebook?

Bila tidak, silakan ente aktifkan Setelan ini di Halaman Pengaturan Keamanan Facebook

Bila ente sering ganti-ganti perangkat, mending gak usah pake fitur ini. 

Pada Fitur ini, Facebook akan mengunci sementara akun Facebook ente apa bila ada orang lain atau perangkat lain mencoba mengakses akun Facebook ente.



2. Sms Pemberitahuan Masuk

Bila ente sudah mengaktifkan Facebook Sms dan Nomer ponsel telah diverifikasi dan nomer ponsel ente selalu Aktif, silakan aktifkan fitur Sms Pemberitahuan Masuk ini di HalamanPengaturan Keamanan Facebook.

Fitur ini merupakan Keamanan ganda setelah Password. Ente akan diminta memberikan sebuah Nama, setiap kali ente atau perangkat lain mengakses akun Facebook ente. Dan berikanlah nama pada perangkat itu bila ente mengakses Facebook pada perangkat yang berbeda. 

Pemberitahuan ini akan selalu dikirimkan ke nomer hp ente melalui pesan singkat setiap kali ada perangkat baru mencoba mengakses Facebook ente.

3. Email Perberitahuan Masuk

Fitur ini sama seperti poin diatas, hanya pemberitahuan akan dikirimkan ke Email yang tertaut di akun Facebook ente.

4. Sesi Aktif

Pada fitur ini, Ente akan tau Perangkat apa saja yang sedang mengakses akun Facebook ente atau pada perangkat apa saja ente lupa Logout. 

Bila ada lebih dari 1 sesi aktif, silakan ente hapus sesi-sesi sebelumnya di halaman Kelola Sesi Aktif.

5. Kelola Perangkat

Bila Sms Pemberitahuan masuk Aktif dan ente sering ganti-ganti perangkat atau seperti yang saya sebutkan di poin nomer 1 diatas, jangan lupa segera hapus nama-nama perangkat yang dikenali yang tidak dipergunakan lagi, pada halaman Kelola Perangkat.

Pada fitur ini ente akan tau nama-nama perangkat yang pernah ente buat saat mengakses facebook dengan perangkat lain. Bila ada nama perangkat yang tidak ente kenal, berarti ada orang lain yang bisa mengakses akun Facebook ente.

6. Kata Sandi Aplikasi

Fitur ini belum saya pelajari.

HAL YANG MUNGKIN TERJADI PADA AKUN FACEBOOK ANDA

1. Lupa Password Facebook

Bila ente lupa password akun Facebook ente, coba reset password ente di halaman Lupa Kata Sandi Facebook

Masukan Email, Username, atau Nama akun Facebook ente kemudian Cari. bila akun ente ketemu, silakan reset kata sandi ente. 

pada kasus ini Facebook akan memberikan sebuah Kode Verifikasi yang dikirimkan melalui 2 pilihan, 

- Melalui Email yang tertaut pada akun Facebook ente, atau 

- Melalui Pesan Sms yang dikirim ke nomer hp yang terverifikasi di akun Facebook ente.

Bila kode telah diterima, Kemudian verifikasi akun Facebook ente dan tulis kata sandi ente yang baru.

2. Akun Terkunci

Bila akun Facebook terkunci, jangan Heboh, nyantai aja dan langsung ikuti step-step yang diberikan Facebook untuk membuka kembali akun Facebook ente. 

Jangan cepat ambil kesimpulan bahwa akun ente ada yang Hack. pastikan dahulu Kenapa akun Facebook ente bisa terkunci.

- Poin pertama: Biasanya pada kasus ini, Facebook meminta verifikasi dengan 3 pilihan. Yaitu dengan menjawab Pertanyaan Keamanan, Verifikasi dengan kode yang dikirimkan ke nomer Hp yang sudah terverifikasi di akun Facebook ente, atau dengan Menebak Foto Teman.

- Poin kedua: Biasanya pada kasus ini ente hanya diberitahu bahwa ada yang mencoba masuk ke akun ente melalui perangkat lain.

Pada kedua poin diatas bisa diambil kesimpulan bahwa yang menyebabkan akun Facebook terkunci karena perbuatan ente sendiri adalah poin Pertama. Karena ente mencoba masuk menggunakan Perangkat baru.

Sedangkan pada poin Kedua, Ada Orang atau Aplikasi yang coba mengakses akun Facebook ente. 

Bila ente yakin penyebabnya adalah karena Aplikasi (bot komen, bot like, autolike dll), ente bisa hapus Aplikasi tersebut di halaman Kelola Aplikasi, dan apabila ente yakin ini perbuatan seseorang, silakan gunakan fitur Amankan Akun.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DAN DILAKUKAN APABILA AKUN FACEBOOK DI HACK

1. Akun Facebook di Hack tapi masih bisa di Akses

Ente yakin Akun Facebook ente di Hack seseorang, tetapi ente masih dapat mengaksesnya, segeralah ganti Kata Sandi Facebook, hapus Sesi Aktif, Hapus semua Perangkat yang di Kenali. 

Atau bila ente gak mau ambil resiko, silakan gunakan fitur Amankan Akun.

2. Akun Facebook di Hack, dan akun Facebook tidak bisa diakses.

Cek Email yang terhubung Facebook, apakah masih bisa ente akses? 

- Bila Email tidak bisa di akses, berarti Pelaku Hack mengetahui Password Email ente dan akun Facebook di Hack melalui Email Facebook ente.

- Bila Email masih bisa di akses, cek email Terbaru apakah ada email permintaan kata sandi atau email perubahan kata sandi? Bila ada, berarti Pelaku Hack mengetahui Password Email ente dan akun Facebook ente di Hack melalui Email Facebook ente. 

- Bila Email masih bisa di akses, tetapi tidak ada email Terbaru tentang permintaan kata sandi atau email perubahan kata sandi. berarti Pelaku Hack mengetahui Password akun Facebook ente atau mengetahui Jawaban dari Pertanyaan Keamanan akun Facebook ente. Kemungkinan lain Pelaku mengetahui password Email dan sudah menghapus email Pemberitahuan tertebut.

Nah sekarang ente jadi tau, lewat mana si pelaku Hack membobol akun Facebook ente. 

Selanjutnya Kunjungi fitur Lupa Kata Sandi Facebook. Kemudian bila akun Facebook sudah dapat diakses kembali, silakan ente perbaiki Password Email, Ganti Email bila perlu, atau Ganti Pertanyaan Keamanan. Atau bila ente gak mau ambil resiko, silakan gunakan fitur Amankan Akun.

AKUN FACEBOOK DI HACK ATAU TERKUNCI DAN SUDAH TIDAK PUNYA AKSES KE AKUN MANAPUN

Saya berani jamin kalo ente-ente sudah ngikutin tips saya diatas, keadaan ini gak akan terjadi. Pada kasus ini ada 3 poin Terakhir yang bisa anda lakukan atau pilih, yaitu:

1. Pasrah

pasrah dan meratapi ke galauan karena terlambat atau mengabaikan semua tips saya diatas. Berdoa agar akun tidak di salah gunakan apabila akun di Hack orang. Membuat akun Facebook baru merupakan solusi terakhirnya.

2. Recover Extended

Ente masih terus mencoba dan pantang menyerah, masuk ke fitur Recover Extended dengan memasukan email baru serta menggunakan 2 pilihan Terakhir dari Facebook, yaitu: 

- Menjawab Pertanyaan Keamanan, atau

- Hubungi teman yang dipercaya (fitur ini tidak tersedia bila akun Facebook ente telah di Nonaktifkan atau Terkunci)

apabila sampai disini tetap gagal, silakan mencoba poin ke 3 dibawah atau kembali ke Poin nomer 1 diatas.

apabila melalui Recover Extended ini ente berhasil, coba periksa kotak masuk di Email Baru ente tadi. Cek email dari Facebook dan klik tautan yang diberikan untuk mengaktifkan akun Facebook kembali. Setelah akun di verifikasi, untuk keamanan biasanya Facebook membutuhkan 1x24 Jam untuk memulihkan akun ente. Setelah 1x24 baru ente dapat mengakses akun Facebook ente kembali seperti biasa.

Tapi setelah sampai disini saya gagal, akun kembali terkunci karena perangkat yang saya gunakan berbeda dengan pada saat saya verifikasi akun Facebook ini, dan saya tidak bisa menyelesaikan permintaan dari Facebook (akun fb temen di retas orang).
akun facebok terkunci selamanya

apabila sampai disini tetap gagal, silakan coba poin ke 3 dibawah atau kembali ke Poin nomer 1 diatas.

3. Hubungi Facebook

Ini merupakan jurus terakhir bila akun Facebook ente tidak bisa dikembalikan, dan kemungkinan berhasil sangat kecil (yakin banget gue).

Syaratnya gak berat seh, tp ente mampu gak sama syaratnya? Mau tau syaratnya? Neh.. 
akun facebok terkunci selamanya

kalo ente yakin mampu sama syaratnya, langsung aja nih Hubungi Facebook, tapi saya yakin kok, nama di Facebook ente gak sesuai dengan nama identitas.
Dah segitu aja Tips Meningkatkan Keamanan Facebook lengkap dengan Solusinya dari saya, mau di ikutin apa kagak itu terserah ente. Resiko juga bukan saya ini yang nanggung. Kesimpulannya kalo mau aman ya jangan sering ganti-ganti perangkat, kurangi Facebookan di warnet. Kalo fban diwarnet usahakan komputernya jangan ganti-ganti, kalo biasa dibilik nomer bontot ya udah dsitu terus. Masih berat buat ente? Ada kok yang paling gampang biar Facebook aman, "Kaga usah Facebookan", dijamin akun fb lo aman sampe kakek nenek. Kalo mau tanya, dibaca dulu yg bener yang urut tulisan saya diatas dari awal sampai akhir, jangan di loncat-loncat kaya kutu loncat ya!! Semoga Artikel Ini Bermanfaat.......

Sumber http://mieyuri.blogspot.com/2013/01/tips-keamanan-akun-facebook-anda.html
JokoRowoTlogoRejo Beri Komentar
Bagikan kepada teman!
Garis
300 x 250

1 komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

NB: Jangan menuliskan link aktif karena akan terhapus secara automatis.

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah

 
Design by JRTR Copyright © 2014 ~ 2015 Powered by Blogger
TOP