JRTR site | Berbagi Tanpa Batas, Blogger Tips, Widget, Template

Berbagi informasi online, komputer, tutorial blogger, template untuk blogger, tips trik blogger.

Isnin, 16 Mac 2015

Alasan Dan Resiko Colone

www.jokorowotlogorejo.com | Clone template blogspot , adalah hal yang sangat ( mungkin ) dibenci oleh para blogger di Indonesia dan mungkin bahkan di seluruh dunia . Hmmh saya pun tidak tau pasti .
Tapi yang jelas banyak sekali para blogger yang akhirnya membully para blogger yang melakukan clone .
Yah , memang itu layak diterimanya .


Clone Template atau menghidupkan kembali element-element dalam wadah yang berbeda dengan sifat yang sama . Banyak bahkan sebagian besar blogger mengatakan ini adalah Palgiarism atau plagiat , yang padahal menurut kamus , kedua kata itu jelas berbeda . Dan saya lebih suka Clone daripada Plagiarism .

Lalu apa Alasan Clone Template ? Dan untuk apa ?
Di artikel ini spesial akan saya jelaskan dan saya perjelas setiap kata mengenai mengapa dan untuk apa Clone Blogger template . Dan juga resiko yang mungkin timbul dari aktifitas ini .

Alasan Clone

Mengapa ?



Saya mulai Cloning atau Kloning blogger template itu  , berawal dari rasa penasaran saya setelah memikirkan kode semalaman . Ya , saat itu yang ada di kepala saya hanyalah Css dan HTML , sebuah struktur utama dalam sebuah template dan bagaiaman cara pengaplikasiannya di dalam Blogger frame . Saya menata dalam angan jika ini diletakkan disini , dan itu diletakkan dibagian itu dengan fungsi begini maka akan jadi begitu . Dan ya, semua itu saya pikirkan tanpa dasar pengetahuan HTML yang cukup karena memang saya bukan salah satu siswa pendidikan web design , hanya seorang blogger pemula yang selalu penasaran .

Akhirnya saat itu saya mulai untuk mencoba ekperimen nekat dengan target awal saya saat itu adalah themeforest setelah melihat Template di themeforest ternyata ada buatan dari blogger indonesia,, Sata MKR dan saya mulai cloning template milik pembuat template,MKR Site. lebih dari 4 jam 3 gelas kopi dan 2 bungkus rokok,saya habiskan waktu saya didepan komputer untuk memindah kode2 template MKR Site ke blog percobaan saya , dan ternyata saat itu saya berhasil , meskipun hasilnya sama sekali tidak memuaskan .Seperti yang saya pakai sekarang.

Tapi setidaknya itu adalah awal yang bagus untuk seorang Cloner pemula .

Nah sekarang muncul pertanyaan kenapa saya ingin melakukan itu dan benar-benar serius memikirkan hal itu saat itu ?

Harus saya akui bahwa satu hal yang membuat saya benar benar tertarik dalam dunia blogging adalah karena Interface Blogspot itu open source , dengan artian bisa kita buat semau kita . Ya , memang pada dasarnya semua template CMS juga bisa , tapi itu terasa lebih sulit karena saya belum memahaminya .
Dari ketertarikan itu saya mulai belajar untuk mengenal apa saja yang ada di dalam tempalte blogspot yang bisa kita sesuaikan itu . Saat itu saya belum tau bahwa ada jutaan template gratisan tersebar di internet yang bisa di download .
Dan setelah saya tau , maka tidak terbendung lagi hasrat untuk mencari dan menemukan tampilan desain terbaik untuk blog saya saat itu . Dan beberapa kali saya menemukannya dan cukup senang saat itu . Sebelum akhirnya saya tau ada Wordpress theme premium yang desainnya jauh lebih profesional .
Dan sejak saat itu juga saya kecewa .

Kenapa sih tidak ada tempalte maker yang membuat template blogspot lebih keren dari biasanya ? Atau setidaknya sedikit miripd an layak untuk bisa disebut Website , bukan blog .
Apa karena tidak banyak orang ( Blogger ) yang suka dengan desain modern dan futuristik sehingga para template maker ini membuat desain yang Blog banget dan itu sama sekali tidak menarik .

Sejak awal , sebenarnya saya tidak ingin terlihat mengelola sebuah blog , melainkan website . Yang pada dasarnya itu sama , hanya berbeda domain dan kualitas kepercayaan yang timbul . Jadi dengan begitu saya hanya ingin mendesain blog saya dengan tampilan ala website yang simpel dan elegant , terutama bersih di bagian muka ( Homepage ) layaknya Portfolio atau Corporate template .

Dan Blogger tidak memberikan hal itu .
Sejak saat itu saya terus mencari tampilan atau desain web untuk blogger dan saya harus terus-terusan kecewa dan saya benar-benar tertekan saat itu . Hingga akhirnya saya memutuskan untuk berpindah dari Blogspot ke Wordpress hanya untuk mendapatkan desain terbaik untuk Blog saya .
Tapi hal itu tidak bertahan lama karena saya benar-benar memulai semuanya dari Nol lagi dan saya lelah .

Akhirnya saya kembali ke Blogspot dan mulai mencoba mendesain sendiri dengan eksperimen-eksperimen nekat tanpa dasar pengetahuan yang jelas . Ya , hanya modal nekat dengan rumus kira-kira .

Tapi sejak saat itu pengetahuan tentang HTML dan Css lebih terasah lagi , dan hingga pada akhirnya saya tau bahwa template blogspot itu bisa dibuat apa saja semau kita dan bisa mejadi bentuk apa saja terserah kita . Yah m akhirnya saya mulai melihat-lihat isi dari template orang lain dan mulai mempelajarinya . Dan ternyata tidak terlalu sulit .

Dan ya , saya menikmatinya .

Untuk Apa ?


Apa pertanyaan ini penting ditanyakan ?Hahah , ya tentu hal ini perlu anda tanyakan jika anda memang merasa ingin bertanya . Dan saya akan menjelaskan semuanya .

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saya tertarik sekali dengan dunia Design , tapi sayangnya rasa malas saya tidak tertarik untuk itu . HIngga akhirnya saya jadi malas untuk membuat desain sendiri .Dan Clone adalah jalan terbaik untuk menyalurkan hasrat saya dalam desain interface blog .

Saya melakukan semua ini hanyalah untuk sekedar iseng , dan yaa mungkin cuma itu mengingat tidak ada satupun template yang saya jual untuk saat ini . Mungkin nanti akan ada , tapi bukan Clone . Karena saya juga lagi mulai merancang sebuah desain template premium yang layak untuk dijual .

Dan ya , mengingat semuanya saya berikan dengan gratis tanpa redirect link seperti adfly dan semacamnya , mungkin memang kesipulan yang tepat adalah karena saya hanya iseng-iseng saja daripada bingung dan capek jika harus terus menerus menulis yang smubernya hasil dari berita internet . Dan saya pikir saya juga lelah jika harus terus menggambar . Dan Clone adalah keputusan terbaik untuk saat ini .

Dan saya pikir saya bukan satu-satunya orang yang melakukan itu , meskipun mungkin saya satu-satunya blogger gila yang mengakui dirinya Cloner atau tukan kloning template orang . Dan saya pikir itu lebih baik .

Perjalanan Clone saya yang baru berjalan sekitar 2 bulan , ternyata saya banyak menemui template bloger downloadable yang ternyata merupakan sebuah Clone juga . Meskipun template dan pemilik tempalte itu tidak menyebutkannya . Atau meungkin memang itu bukan clone , hanya saja kesamaan ide . Tapi saya rasa itu memang benar-benar Clone .

Yah , memang ada beberapa yang mengatakan itu adalah Converted template , dan bagi saya itu sama saja Clone . Ada yang keberatan ?

Resiko


Banyak blogger yang akhirnya mengucilkan para blogger yang melakukan tindakan ini pada blog lain . Dan mungkin itu memang pantas . Para Blogger menganggap Clone adalah tindakan pencurian konten yang cenderung illegal dan bahkan bisa dibilang kriminal . Tapi sepertinya itu terlalu berlebihan .

Dari statement terebut yang mengatakan bahwa ini adalah tindakan pencurian dan kriminal , akhirnya banyak blogger yang sedikit lebay dan aneh menurut saya .Ada beberapa orang yang minta ijin untuk mengambil konten di template yang sudah digratiskan untuk mendownload . Dan saya pikir semua orang juga tau bahwa si pembagi tempalte itu akan dengan entengnya tanpa mikir untuk bilang

"Silahkan" .

Lah orang sudah digratiskan dan disebar luaskan , ya tentu itu sudah jadi konsumsi publik toh ?
Apa itu tidak terlalu aneh bagi anda ? Jujur menurut saya itu terlalu aneh dan menggelikan .

Yah tapi perlu kita ingat juga bahwa mungkin itu dilakukan agar terhindar dari resiko dicap Cloner atau Plagiat oleh para blogger lain yang merasa dirinya tidak terlibat dalam duia Clone . Tapi konsumen Clone template terselubung .

Sebenarnya apa sih Resikonya jika Clone Template ?
Saya pikir resiko yang timbul akan sangat beragam sesuai dengan seberapa jauh anda bersosialisasi , seberapa terkenal anda dan juga seberapa kuat korban anda .

Bisa saja konten yang diambil adalah konten dengan hak cipta yang tidak boleh sembarangan digunakan . Dan bisa saja hal itu akan dibawa ke ranah hukum dan berakhir dengan tuntutan perdata yang biasanya nilainya bisa membuat anda igin bunuh diri atau sekedar mencoba meminum racun serangga . Dan ya, itu masuk akal .

Atau minimal Bullying akan terjadi pada diri anda dan anda akan dibuang selamanya dari peradaban blogger selama anda masih menunjukkan identitas anda seperti pada umumnya .
Tapi untuk resiko palign kecil ini saya sudah membuat artikelnya yang mungkin bisa anda baca di artikel yang berjudul Cara Paling Mudah Mencegah Bullying .

Dan resiko terbesar mungkin bisa berakhir di dalam kurungan penjara dengan masih membayar denda yang akan membuat anda ingin segera di eksekusi mati dengan shotGun tanpa suara . Dan itu semua bisa saja terjadi , tergantung dari seberapa ganas korban Clone anda .

Tapi sekali lagi saya katakan disini bahwa artikel ini tidak sedang mengajari anda untuk melakukan kloning tampilan dan mejerumuskan anda untuk menjadi malaing dunia maya . Karena pada dasarnya itu memang bukan perbuatan yang baik dan sebaiknya tidak untuk ditiru , meskipun hanya sekedar iseng . Karena pada akhirnya iseng anda akan membuat anda menikmati dunia baru yang mengerikan itu .

Dan saya rasa sekarang anda sudah tau apa , mengapa dan untuk apa Clone blogger template yang kini jadi salah satu aktifitas iseng saya . dan sekali lagi saya katakan , sebaiknya anda tidak meniru apa yang saya lakukan karena bisa berakibat fatal .

Kambali lagi bahwa semua hal yang kita lakukan itu beresiko , bahkan bernafas pun beresiko . Dan itu wajar saja .
Perihal Clone , saya hanya melakukan apa yang saya suka dan tidak bermaksud merugikan pihak manapun . Dan selalu saya sebutkan bahwa jika ada pihak yang merasa dirugikan , maka silahkan hubungi saya . Dan jika memang itu benar , maka dengan senang hati saya akan menghapus semua konten yang terkait dengan template Clone saya . Tapi , untuk konten yang sudah ditangan user , maka itu sudah bukan hak saya lagi .


Mungkin itu saja untuk saat ini dan semoga apa yang saya tulis memberikan penjelasan yang bisa dipahami oleh semua orang yang membaca artikel Alasan Clone ini . Dan lagi , terimakasih telah membaca post ini dan semoga memberikan informasi yang bermanfaat .... Dan mohon maaf ini artikel sebagian juga dari hasil Translate...jadi agak bingung baca...
JokoRowoTlogoRejo Beri Komentar
Bagikan kepada teman!
Garis
300 x 250

1 komentar:

  1. clone dianggap spam, itu karena tanpa izin dari pihak pembuat, dengan kata lain clone adalah mencuri secara diam-diam, tempate saya dulu juga pernah di clone dan dijual belikan, sakit bukan, duduk di depan pc hampir menghabiskan waktu 2minggu lalu secara enteng diambil orang dan dijual belikan.

    yang lebih para lagi ada yang clone sambil copas artikel blog saya, hehehe.. jadi gimana perasaan yang di clone dan dicopas? tentu menjadi duplikat konten dan di SERP. bisa dibayangkan artikel kita tengelam kemana?

    memperlajari struktur template orang itu wajar, asalkan tidak merugikan orang lain, bagi saya kalau mau clone hanya butuh waktu 10menit, tapi untuk membersihkan nama kita butuh waktu berapa lama??

    saya juga pernah membagikan template gratis, tapi sayangnya si pemakai dengan enteng menghapus link kredit. waduh, mungkin ini adalah satu satu budaya indonesia mas hehehe....

    :))

    BalasPadam

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

NB: Jangan menuliskan link aktif karena akan terhapus secara automatis.

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah

 
Design by JRTR Copyright © 2014 ~ 2015 Powered by Blogger
TOP